Senin, 30 Oktober 2017

Cara membuat tanaman mangga berbuah sepanjang tahun.

Mangga Bengkulu sedang berbuah lebat





Tentu senang memiliki tanaman yang berbuah sepanjang tahun. Tetapi bagaimana Cara nya. Pertama: pilihlah jenis mangga yang sesuai dengan iklim setempat. Bila anda tinggal di Bengkulu, maka salah satu yang dapat dipilih adalah "Mangga Bengkulu". Mangga Bengkulu adalah buah unggulan lokal Bengkulu. Keistimewaan tanaman  ini adalah berbuah sepanjang tahun, ukuran buah besar, dan rasa manis yang khas.Pengalaman saya, berat per buah bisa mencapai 2 kilogram. Kalau harga per kilo Rp.15.000 aja, maka perbuah bisa menghasilkan Rp.30.000.



Berat Buah Mangga Bengkulu yang mencapai 2 kilogram


Kedua: pilihlah Bibit hasil cangkok atau okulasi yang telah disertifikasi.Perbanyakan vegetatif ini dapat menjamin kepastian sifat dan cepat berbuah.

Ketiga, lakukan perawatan dengan pemukan berimbang dan pemangkasan. Pupuk yang digunakan adalah pupuk pabrik dan pupuk organik cair.



Buah Mangga Bengkulu yang Masih Muda


Kelebihan lain dari Mangga Bengkulu adalah tidak dapat dimakan ketika masih muda. Sewaktu buah mangga bengkulu masih muda tidak akan ada yang berminat memetiknya. Mangga jenis ini terasa sangat masam ketika masih muda, sehingga tidak dapat dijadikan bahan rujak. Dengan demikian, kita tidak perlu takut buah mangga muda kita dipetik orang, sehingga kita dapat lebih lama menikmati pemandangan pohon mangga berbuat lebat di halaman rumah kita.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar